19 Februari 2020

PENINGKATAN MINAT BACA SISWA SDN JOKETRO 1 MELALUI POJOK BACA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Peningkatan Minat Baca Siswa SDN Joketro 1 melalui Pojok Baca di Era Revolusi Industri 4.0
Peresmian Pojok Baca di SDN Joketro 1 | Dok. pribadi

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) menjadi pilihan program unggulan mahasiswa KKN-T Bina Desa di salah satu sekolah dasar di Desa Joketro Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) tersebut tepatnya dilaksanakan di SDN Joketro 1. Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dilaksanakan untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar di era revolusi industri 4.0. Program ini diwujudkan melalui pojok baca di setiap pojok kelas tinggi SDN Joketro 1, yaitu kelas 4, 5, dan 6. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN Joketro 1 belum terealisasi secara optimal, terlihat  dari belum adanya pojok baca di setiap kelas pada sekolah tersebut. Oleh karena itu, melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pojok baca yang diterapkan di SDN Joketro 1 dapat meningkatkan penerapan gerakan literasi pada sekolah tersebut.

Era revolusi industri 4.0 menuntut anak memiliki kemampuan dalam bersaing tidak hanya dalam lingkup lokal namun juga internasional. Anak dituntut melek huruf mampu mengidentifikasi segala sesuatu yang terjadi di lngkungan sekitar mereka. Gerakan literasi inilah sebaga bekal yang diberikan kepada mereka dengan harapan mereka dapat bersaing dan menjawab tantangan di era revolusi industri 4.0. 

Dalam pelaksanaannya, beberapa manfaat Pojok Baca, yaitu:

  • Terdapat sudut baca di setiap kelas dengan koleksi bahan pustaka.
  • Meningkatnya frekuensi membaca pada siswa
  • Adanya pemanfaatan sudut baca dalam pembelajaran.
  • Ada  kegiatan  guru  membacakan  buku  dengan  nyaring  atau  siswa membaca  mandiri  dengan  memanfaatkan  koleksi  sudut  baca  kelas
  • Meningkatnya kemampuan membaca dan berkomunikasi siswa dan guru.

 

ABUNAIM (KASI KESEJAHTERAAN)    MARJOKO (KEPALA DESA)    PUJI LESTARI, S.E (SEKRETARIS DESA)    GIMIN (STAF KAUR PERENCANAAN)    NYONO (KASI PELAYANAN)    SUJARWO (KAUR KEUANGAN)    PUGUH (KEPALA DUSUN NGASINAN)    GINARTO EKO PRASETYO (KEPALA DUSAN LEBAK)    SARJU (KEPALA DUSUN LEMPONG)    BUDI (KAUR PERENCANAAN)    PURNOMO (STAF KAUR KEUANGAN)    PONO (STAF KASI PEMERINTAHAN)    AGUS SETIAWAN (KEPALA DUSUN JOKETRO)    SADI (STAF KASI PELAYANAN)    SUPRAPTO (KASI PEMERINTAHAN)    TARMUJI (STAF KAUR TATA USAHA DAN UMUM)